Selamat datang di Blog PNPM MPd Kec. Kerek Kab. Tuban, Mohon maaf atas kebelumnyamanannya karena Blog masih dalam tahap pembenahan. SALAM KOMPAK!!!

Selasa, 12 Juli 2011

Tes Lanjutan Calon Sekretaris UPK


Selasa 12 Juli 2011, Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) PNPM-MP Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban telah melaksanakan kegiatan seleksi lanjutan terhadap 10 orang dari 14 orang orang pelamar calon sekretaris UPK yang telah dinyatakan lulus dalam seleksi administrasi tanggal 06 Juli 2011.

Dalam seleksi kali ini dari 10 orang yang diundang 9 yang hadir dan 1 absen karena baru saja melahirkan anak pertamanya yaitu Saudari Siti Saah Fajriah dari Desa Margomulyo. Dari 9 orang yang hadir ini hanya diambil 5 peringkat besar untuk diajukan dan dipilih dalam forum MAD Prioritas Usulan (MAD II) yang direncanakan akan dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 14 Juli 2011 di Balai Desa Margomulyo Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban.

Dalam seleksi lanjutan ini ada 4 tes yang akan diberikan kepada peserta yaitu: 1. Tes Tulis yang meliputi materi tentang pengetahuan umum, ke-PNPM-an, dan administrasi pembukuan; 2. Tes Praktik Komputer; 3. Tes Wawancara; dan 4. Tes Ketelitian (Psikotes). Adapun tim penguji adalah Ibu Dian Ayu Sekartaji, SE (Faskeu); Bapak Majid Rohmat (Assisten Faskab); M. Agus Fadli, S.Pd.I (Sekretaris BKAD); Ahmad Shohib, S.Pd (FK); Aris Wahyu W., ST (FT); dan Imam Wahyudi (PjOK).


Ujian tes tulis dimulai tepat pukul 10.30 dengan diperlihatkannya sampul yang masih tersegel oleh tim penguji dari Faskab di depan peserta. Peserta diberikan alokasi waktu selama 90 menit untuk mengerjakan soal-soal yang diujikan sampai pukul 12.00 WIB. Selanjutnya, peserta diberikan waktu istirahat selama 45 Menit untuk melaksanakan sholat dan makan siang dan pada pukul 12.45 peserta sudah diminta kembali untuk memasuki ruangan ujian guna mendapatkan petunjuk tes berikutnya.

Tes selanjutnya dilaksanakan secara Random, maksudnya antara tes computer dan tes wawancara waktu pelaksanaanya berbarengan sehingga saat ada peserta yang melaksanakan tes Komputer peserta lainnya mengikuti tes wawancara. Yang sudah melaksanakan tes Komputer menuju ke ruang interview dan yang dari interview menuju ke ruang tes Komputer.

Alokasi waktu untuk ujian praktik komputer adalah 30 menit untuk setiap peserta. Dan dalam waktu 30 menit peserta diminta untuk mengetik 2 lembar tugas. Dimana tugas lembar pertama adalah mengerjakannya di Microsoft Word dan lembar kedua adalah di Microsoft Excel. Menurut hasil penilaian semua peserta pada dasarnya bisa mengoprasikan komputer namun karena dibatasi waktu mereka tidak ada yang bisa menyelesaikannya 100%.

Untuk tes wawancara atau interview, setiap peserta harus melalui 4 orang penguji dimana di setiap penguji mereka diwawancarai selama 10 menit. Dan untuk sistem penilaiannya, setelah semua peserta melaksanakan wawancara 4 tim penguji akan menjumlahkan skor dari masing-masing peserta dan kemudian dibagi 4 untuk mendapatkan nilai akhir dari tes wawancara tersebut.

Tes terakhir adalah tes ketelitian atau psikotes yang dilaksanakan mulai pukul 15.30 WIB. Tes ini meminta peserta untuk menajawab S/B sebanyak 60 soal dan 20 soal menghitung cepat. Dari tes ini rata-rata nilainya diatas 75 namun ada salah satu peserta yang nilainya hanya 19. Setelah kita konfirmasi pasca koreksi ternya dia tidak konsentrasi karena asumsinya S itu adalah Salah dan B itu adalah Benar sedangkan dipetunjuk soalnya S itu seharusnya Sama dan B itu adalah Beda.

Pada pukul 16.00 WIB semua tim penguji berkumpul untuk merekap hasil tes secara keseluruhan dan peserta diminta menunggu karena hasil tes akan diumumkan saat itu juga. Setelah setengah jam berkumpul akhirnya pada pukul 16.30 WIB diumumkanlah hasil tes dan peringkat dari masing-masing peserta. Dan 5 orang yang masuk lima besar adalah Yulia Febryani sebagai peringkat 1; Ria Ayuk P. sebagai peringkat 2; Tiyani sebagai peringkat 3; Wahyuningsih sebagai peringkat 4; dan Fida Susanti sebagai peringkat ke-5.

Pasca diumumkannya hasil tes tersebut, panitia memberikan kesempatan selebar-lebarnya untuk memeriksa dokumen hasil tes dari semua peserta. Setelah mereka sepakat dengan hasil tes tersebut maka mereka semua dengan ikhlas menorehkan tanda tangan di berita acara. Red.

1 komentar:

  1. Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) PNPM-MP Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban, bagaimana kabarmu saat ini apa masih tetap PNPM atau sudah berganti nama ke DAPM, BUMADES atau apa ?

    BalasHapus

;